Jaminan Pemeliharaan Kesehatan

CISARUA - Bupati Bogor Rachmat Yasin mengajak aparatur kesehatan yang ada di Kabupaten Bogor untuk mendukung program pemerintah daerah Jaminan Pemeliharaan Kesehatan (Jampesehat).

Jaminan kesehatan khusus masyarakat Kabupaten Bogor ini diwujudkan untuk meningkatkan derajat kesehatan masyarakat dengan menggratiskan semua pelayanan kesehatan bagi masyarakat yang miskin dan hidup sederhana.

Hal ini dikatakan Bupati Bogor saat menghadiri penutupan rangkian kegiatan Hari Kesehatan Nasional tingkat Kabupaten Bogor di Gunung Mas, Cisarua (3/12/2012).

“Bantu saya menjalankan amanah terutama dalam meningkatkan kesehatan masyarakat. Saya ingin terus membangun Kabupaten Bogor yang sehat. Tahun 2012 ini saya menjamin kesehatan masyarakat dengan slogan Jampesehat.  Saya minta program unggulan dengan anggaran 100 Miliyar Rupiah ini didukung penuh oleh aparatur kesehatan di lingkungan Kabupaten Bogor. Khusus di RSUD Leuwiliang kita bangun paviliun khusus Jamkesda, karena di Bogor Barat hanya ada RSUD tersebut yang dapat menunjang sementara kamar untuk peserta jaminan kesehatan masih terbatas”, terang dia.

Kemudian ia mengatakan,  masalah pendidikan dan kesehatan adalah dua hal yang sangat penting. Kita harapkan ada persentase minimal yang kita alokasikan untuk kesehatan , yang namanya kesehatan sebaiknya tidak kurang dari 15 persen dari jumlah APBD.  Bahkan tahun 2012 saya alokasikan 100 miliyar, untuk bidang kesehatan.  Kemudian saya tidak mau pelaku kesehatan selalu menjadi kambing hitam ketidak ramahan dan ketidak nyamanan pelayanan.

“Untuk meningkatkan pelayanan saya minta Dinas Kesehatan memikirkan insentif bagi para perawat dan petugas lainnya jadi bukan hanya sekedar mengambil tenaga medis. Saya juga maunya retribusi pelayanan dasar jasa kesehatan tidak terpenuhi," paparnya.
Acara yang dihadiri Bupati dan Wabup sekaligus tersebut diikuti pula oleh perwakilan puskesmas, dan RSUD se-Kabupaten Bogor. Pada acara tersebut juga Bupati mengingatkan siapapun pengguna kartu jaminan kesehatan jangan ragu untuk menggunakan fasilitas tersebut. Jelaskan kepada petugas kami di lapangan bahwa kalian tidak geratis beroba tapi bayar dan yang membayarnya adalah Bupati Bogor. (cj)

Post a Comment

Mohon berkomentar yang tidak menyinggung SARA. Mari bangun komentar yang konstruktif

Lebih baru Lebih lama