Jaringan Pipanisasi Desa Citeko Akan Diperluas

CISARUA - Pipanisaisi air bersih merupakan sangat didambakan warga desa yang kerap mengalami kesulitan memperoleh air bersih saat musim kemarau tiba.

Permasalahan air bersih di wilayah Desa Citeko, Kecamatan Cisarua masih menyimpan dipertanyakan sebagian warga. Pasalnya, pembangunan pipanisasi tahap pertama belum merata memasok air bersih ke permukiman warga.


Tokoh Pemuda Desa Citeko, Acil, menyayangkan tindakan itu. “Semestinya jalur proyek pipanisasi itu melalui jalur tengah yang banyak penduduknya, tapi yang terjadi malah jalur pipa ini melalui pinggir desa yang hanya banyak berdiri bangunan Villa” ujarnya kepada Berita Bogor, Minggu (23/12/2012)

Ditengarai pipa itu sengaja di buat jalur luar salah satunya untuk menuju rumah kontrakan yang dimiliki Kepala Desa Citeko.  Semula warga menyambut gembira adanya pembangunan pipanisasi yang mengambil sumber mata air dari curug Cibogo. Karena pada musim kemarau kemarin, sumur warga dan sungai yang membelah Desa Citeko kerap kering kerontang.


"Memang saat memasuki musim penghujan, debit air sumur warga Citeko sudah kembai normal, Sementara sebagian besar Masjid dan Madrasah di desa Citeko saat ini masih menggunakan sumber air dari sungai yang tercemar limbah kotoran sapi para peternak Desa Cibeureum," tambah Acil.

Pihak desa bantah tudingan
Kepala Desa Citeko, H. Mamad Sukendar membantah tudingan sasaran pipanisasi itu bukan bukan untuk warga. “Pembangunannya menggunakan imbal swadaya, jadi siapa pun bisa menikmati air bersih ini,“ jeas H. Mamad.

Bahkan Sebelumnya, lanjut dia, sudah dilakukan mediasi antara warga dan aparat desa yang turut dihadiri Kepala Desa, (Badan Permusyawaratan Desa (BPD) Citeko.

Dirinya memaparkan, pembangunan pipanisasi air bersih tahun 2012 memanfaatkan mata air curug Cibogo guna mengantisipasi nkrisis air dimusim kemarau merupakan pembangunan tahap pertama.

"Pembangunan pipanisasi diperuntukan bagi warga guna memenuhi kebutuhan air bersih, terutama dimusim kemarau. Apabila tahun ini masih ada warga yang belum tersambung pipa air bersih agar bersabar, karena pipanisasi bertahap hingga merata nantinya," jelas H. Mamad.

Rencananya tahun 2013 mendatang, pihaknya akan terus memperluas jaringan pipa hingga ke ingkungan warga yang belum menikmati pembangunan pipanisasi. "Pihak desa senantiasa aspiratif dalam melayani kepentingan seluruh warga desa secara optimal. Saya berharap tahun 2013 akan terwujud rencana perluasan jaringan pipa," tegasnya. (cj)

sumber : beritabogor

Post a Comment

Mohon berkomentar yang tidak menyinggung SARA. Mari bangun komentar yang konstruktif

Lebih baru Lebih lama