Kiprah Pramuka Saat Pergantian Tahun

CIAWI - Anggota Praja Muda Karana (Pramuka) Kwarcab Pramuka Kabupaten Bogor secara aktif di puluhan Pos Operasi Lilin guna membantu aparat keamanan dalam pengamanan pergantian tahun.

Ratusan anggota pramuka ini diterjunkan untuk membantu menertibkan arus lalulintas dan memantau keadaan. Hal ini sebagai bentuk wujud pengabdian terhadap masyarakat luas.

"Tim monitoring wilayah pada hari ini, (Senin, 31/12/2012 - Red), mulai pukul 16.00 wib hingga dinihari nanti akan berpatroli, start dari Graha Pandu Cibinong dan finish di Masjid At-Ta'awun Puncak Bogor," jelas Pamong Saka Cibinong, Mulyadi (42), saat dihubungi Berita Bogor.

Mereka ditempatkan di seluruh Pos Pengaman Polres dan DLLAJ Bogor, seperti Puncak, Jalur Bogor Ciawi Sukabumi, Parung, Dramaga, Ciampea, Cibinong serta Cileungsi.

"Partisipasi kami menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas). Sedangkan  120 anggota penegak pandega ini beraktifitas secara sukarela,” kata Mulyadi.

Hal ini dibenarkan Ahmad Muhammad (37), anggota penegak pandega ini menuturkan anggota pramuka yang bertugas tidak berharap upah. Sebab, pramuka sebagai Saka Bhayangkara, bekerja dengan sukarela.

"Sejak H-1 pagi kami sudah menempati Pos Pengamanan di Cibinong, Cileungsi, Caringin, Cisarua, dan Ciawi," tambah Ahmad.

Sementara Wakil Bupati Bogor Karyawan Faturahman, selaku Wakamapicab Pramuka Kabupaten Bogor mengutarakan kebanggaannya terhadap anggota pramuka yang turut berpartisipasi dalam operasi lilin dan pengamanan tahun baru.

"Mereka memang telah didik beretika, berketerampilan, kesetiaan, kepatuhan dan kedisiplinan. Sehingga, mampu menjaga amanah dan memiliki kepedulian yang tinggi terhadap sesama,” kata Wakil Bupati.

Ribuan Personil
Kepala Kepolisian Resort (Kapolres) Kabupaten Bogor AKBP Asep Safrudin mengatakan operasi lilin 2012 dan pengamanan pergantian tahun di wilayah Kabupaten Bogor menerjunkan 2000 personil Gabungan dari Polri, TNI, intansi Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bogor.

“Untuk menyambut tahun baru, kami menerjunkan personil dari satuan TNI, Polri dibantu Komando Rayon Militer (Koramil) dibantu Palang Merah Indonesia (PMI), Brinkes, Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP), Pemadam Kebakaran (Damkar), Dinas Lalu Lintas dan Angkutan Jalan (DLLAJ), anggota Perlindungan Masyarakat (Linmas) serta Kwarcab Pramuka Kabupaten Bogor,” katanya.

Asep Safrudin menambahkan untuk perayaan Tahun Baru di jalur Puncak Bogor pada pukul 18.00 arus lalu lintas kearah Puncak akan dialihkan menuju Jonggol dan Sukabumi untuk mengurangi volume arus kendaraan. (amel)

sumber : beritabogor

Post a Comment

Mohon berkomentar yang tidak menyinggung SARA. Mari bangun komentar yang konstruktif

Lebih baru Lebih lama