Padat Merayap Jalur Puncak di Libur Imlek

Liputan6.com | Bogor - Libut Tahun Baru China atau Imlek 2566 rupanya dimanfaatkan sebagian orang untuk berlibur di kawasan wisata Puncak, Bogor, Jawa Barat. Banyaknya wisatawan yang ingin menikmati udara sejuk di kawasan tersebut, tak ayal membuat arus lalu lintas menjadi padat.

Pantauan Liputan6.com di Pos Polisi Gadog, Bogor‎ peningkatan volume kendaraan sudah terjadi sejak pukul 08.00 WIB. Kepadatan sudah terjadi di depan Pos Pol Gadog sampai ke Tanjakan Selarong, Megamendung.

Kepala Satuan Lalu Lintas (Kasatlantas) Polres Bogor AKP Bramasetyo mengatakan, ada beberapa titik-titik kepadatan lalu lintas disepanjang jalur Puncak. Wilayah seperti pertigaan Megamendung setelah jembatan Gadog, Jembatan Selarong, Cipayung, Cimory, Taman Wisata Matahari, Pasar Cisarua, Taman Safari, dan Warung Kaleng.

"Kepadatan terjadi akibat adanya penyempitan jalan, aktivitas ekonomi dan masih banyak pengendara yang sering mengambil jalur berlawanan yang memicu penguncian arus lalu lintas," ungkapnya di Pospol Gadog, Bogor, Kamis (19/2/2015)‎.

Selain itu, lanjutnya, pihaknya belum memberlakukan rekayasa lalu lintas berupa sistem buka tutup jalur. Sebab kepadatan masih bisa dikendalikan. Belum ada simpul-sim‎pul penguncian arus lalu lintas. 

"One way system atau sistem satu arah ini sifatnya situasional. Biasanya untuk one way di pagi hari itu diprioritaskan kendaraan dari arah Jakarta menuju Puncak, kemudian dilakukan normalisasi dan kembali one way prioritas kendaraan dari Puncak menuju Jakarta," ungkapnya. 


Selain itu, Bramasetyo juga mengimbau kepada para pengendara untuk berhati-hati dalam berkendara. Karena kondisi cuaca saat ini di wilayah Puncak sedang turun hujan dengan intensitas ringan hingga sedang. (Tnt/Yus) (Bima Firmansyah)

Post a Comment

Mohon berkomentar yang tidak menyinggung SARA. Mari bangun komentar yang konstruktif

Lebih baru Lebih lama