JADWAL LALU LINTAS SABTU-MINGGU SATU ARAH (ONE WAY) JAKARTA-PUNCAK JAM 09.00-10.30 WIB (PENUTUPAN KEJAKARTA) PUNCAK-JAKARTA JAM 10.30-11.30 WIB (PENUTUPAN KEPUNCAK) PUNCAK-JAKARTA JAM 15.00-17.00 WIB (PENUTUPAN KEPUNCAK)

PASTE SCRIPT/KODE IKLAN DISINI

Bedug Ciri Khas Bangunkan Sahur Ala Pemuda Kampung Balekambang Cisarua


INFODESAKU.CO.ID | Bogor. Usai melaksanakan ibadah puasa ramadhan seharian menahan lapar,haus dan dahaga dari mulai subuh,semenjak matahari terbit hingga fajar menyingsing diufuk barat yang menandakan datangnya waktu maghrib tiba,suka cita ummat muslim menyambutnya.
Selepas itu kemudian ummat Islam melakukan ibadah sholat Isya dan tarawih secara berjamaah di tiap Masjid diseluruh penjuru dunia, diteruskan mengisi malam ramadhan dengan tadarusan alQur’an baik itu dilakukan sendiri-sendiri dirumah maupun berjamaah di masjid.
Sejurus kemudian, ada satu tradisi unik dari tahun ke tahun, dari generasi ke generasi yang dilakukan oleh para remaja/pemuda di Kampung Balekambang Pasanggrahan, RT 01 RW 1 Desa Citeko Kecamatan Cisarua, yakni membangunkan tetangga dan warga satu RT dengan arak-arakan keliling Kampung sambil membawa Bedug, dan bedug itupun diangkut dari Masjid Al-hidayah yang letaknya tidak berjauhan dari rumah warga yang dimulai dari 02.00 – 03.00 WIB.
Sambil mengumandangkan suara Sahur- Sahur secara bersama-sama serta merta warga pun bangun terutama kaum Ibu-ibu yang bersiap-siap memasak dan menyajikan sahur untuk keluarganya.
Dikatakan Ido,salah satu pemuda Kampung Balekambang Pasanggrahan yang menjadi komando dari teman-temannya itu menyatakan, ” Ya ini kita lakukan setiap kali bulan suci Ramadhan datang dalam rangka ibadah sunnah selain taraweh, biar warga pada bangun, kasian juga takut ada yang kesiangan sahurnya,dan ini kita lakukan selama satu jam dengan berkeliling Kampung membawa Bedug Masjid,” tutur Ido ketika ditanya Infodesaku.co.id
Sementara menurut Luki Sunarya selaku Ketua RT setempat memberikan apresiasi kepada para remaja/pemuda di Kampungnya dengan kegiatan membangunkan sahur berkeliling ini setidaknya memberikan dampak positif bagi lingkungan warga kita merasa terbangun untuk sahur.
” Daripada melakukan kegiatan yang negatif seperti tawuran dan kenakalan remaja seperti yang sering terjadi saat ini, lebih baik dengan cara seperti ini mereka mengekspresikan diri. Dan ini juga kegiatan positif se-tahun sekali selama bulan puasa, turut membantu membangunkan warga untuk sahur itu juga bagian dari ibadah.” pungkasnya.  (Taufik)
sumber
http://infodesaku.co.id/bedug-ciri-khas-bangunkan-sahur-ala-pemuda-kampung-balekambang-cisarua/

0 komentar:

Posting Komentar

Mohon tidak berkomentar yang menyinggung Agama, Ras dan Golongan. Biasakan berkomentar bijak dan konstruktif