JADWAL LALU LINTAS SABTU-MINGGU SATU ARAH (ONE WAY) JAKARTA-PUNCAK JAM 09.00-10.30 WIB (PENUTUPAN KEJAKARTA) PUNCAK-JAKARTA JAM 10.30-11.30 WIB (PENUTUPAN KEPUNCAK) PUNCAK-JAKARTA JAM 15.00-17.00 WIB (PENUTUPAN KEPUNCAK)

PASTE SCRIPT/KODE IKLAN DISINI

Pramuka Kwarran Ciawi Tanamkan Nilai Luhur Pancasila


INFODESAKU.CO.ID | Ciawi. Tanggal 1 Juni adalah momentum yang penting dan bersejarah untuk seluruh warga negara Indonesia,pasalnya tanggal tersebut merupakan cikal bakal lahirnya Pancasila yang pertama kali dicetuskan oleh Bung Karno selaku Presiden pertama Republik Indonesia dihadapan sidang Docuritsu Junbi Cosakai atau dalam bahasa Indonesia dikenal BPUPK (Badan Penyelidik Untuk Persiapan Kemerdekaan).

Gerakan pramuka dalam era modern saat ini dituntut untuk senantiasa inovatif dan kreatif agar tetap mampu menarik perhatian dari golongan manapun tak terkecuali siswa didik. Selain itu juga harus menjadi gerakan yang fleksibel, menyenangkan dan yang terpenting tentunya tidak meninggalkan fungsinya sebagai media pendidikan karakter, pendidikan kebangsaan dan kewarganegaraan serta pengajaran soft skill. Dan sepatutnyalah kita bangga bahwa hal itu merupakan bagian konsep sila-sila dari Pancasila.
Adalah gerakan Pramuka Kwarran Ciawi yang dalam hal ini ikut berperan serta menanamkan nilai-nilai luhur Pancasila sebagai etika dasar dan jati diri serta falsafah hidup Bangsa dalam kebhinekaragaman yang terkandung didalamnya. Dikatakan Ketua Kwarran Ciawi yang baru terpilih belum lama ini menjadi Kwarran Ciawi yang juga sekaligus selaku Kepala Desa Jambuluwuk yakni Ade Hayu Gelarjaya.
Menurut Ade Hayu Gelarjaya mengatakan ketika ditanya infodesaku.co.id via pesan Whatsappnya seputar Hari lahirnya Pancasila, “ Gerakan Pramuka adalah organisasi yang erat kaitannya akan nilai-nilai Pancasila, Pramuka mengajarkan sekaligus menerapkan nilai Pancasila dalam seluruh kegiatan kepramukaan khususnya diwilayah Kecamatan Ciawi,” terangnya.
Ia menambahkan, “ Dalam rangka menyambut bulan suci Ramadhan dan Iedul Fitri Kwarran Ciawi dengan sakabayangkaranya ikut berpartisipasi membantu kepolisian untuk mengatur lalu lintas di wilayah Ciawi serta persiapan Jambore Daerah Tahun 2017 bulan Juli mendatang. Kami bangga menjadi bagian dari organisasi ini, Kami bangga tinggal di NKRI dan Kami bangga punya ideologi Pancasila,” tegasnya.
Sementara itu ditempat yang berbeda juga dikatakan oleh Sudarjat selaku Kepala Desa Cimande Kecamatan Caringin, dalam kaitannya Hari lahir Pancasila dengan Pendidikan Moral Pancasila (PMP) yang menurutnya masih menjadi mata pelajaran yang wajib di tingkatan Sekolah, “ Kalau tidak itu yang harus wajib di bangkitkan lagi dari tingkat Sekolah Dasar sampai Perguruan Tinggi untuk mata pelajaran PMP daripada hanya menjadi ceremonial belaka yang di expose besar besaran,” paparnya.
Masih menurut dia, “ Efektifnya menurut hemat Saya, kalaupun masih ada itu Pendidikan Moral Pancasila (PMP) bisa dijadikan materi khusus penajamannya baik oleh guru maupun siswa. Namun sayangnya mata pelajaran tersebut sudah ditiadakan alias tinggal kenangan. Semoga Pancasila Abadi,” pungkasnya via Whatsapp. (Taufik Hidayat)
sumber
http://infodesaku.co.id/pramuka-kwarran-ciawi-tanamkan-nilai-luhur-pancasila/

0 komentar:

Posting Komentar

Mohon tidak berkomentar yang menyinggung Agama, Ras dan Golongan. Biasakan berkomentar bijak dan konstruktif